Pengertian Domain

Kali ini saya akan sedikit membahas tentang cara pembuatan website, yang dari kemarin saya cuma bahas tentang HTML saja. Tapi sebelumnya saya akan memperkenalkan sedikit istilah pada website, yang kali ini saya akan bahas adalah mengenai domain.

Ok kita langsung saja pada pembahasan.

Apa itu domain? Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang mengetahui apa itu domain, tapi bagi yang belum saya akan sedikit membahas apa itu domain.

Domain menurut wikipedia:

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Bila menurut saya Domain adalah suatu nama unik berformat huruf abjad (a,b,c,d,e,dan seterusnya) dan angka (1,2,3,dan seterusnya) serta simbol (-)untuk menamai alamat url website sebagai pengganti format deretan angka dari alamat IP client server hosting tempat file web diletakkan.

Domain bagi saya adalah untuk mempermudah kita dalam mengingat suatu website dengan menggunakan sebuah kata yang unik dani sebuah deretan angka, itu untuk mempermudah ingatan kita, ketimbang kita harus menggingat semua angka itu jika ingin membuka situs lain.

Contoh seperti "http://dani-pemrogramanweb.blogspot.com", yang kemungkinan itu adalah sebuah deretan angka, seperti "125.125.785.1.12" atau "499.521.125.124" dsb. Cukup sulit bukan untuk mengingat sebuah deretan angka seperti itu? Dan jika ditambah lagi oleh deretan angka pada website yang kita sering kunjungi, seperti "Facebook, google, twitter, dll". Angka tersebut biasa disebut dengan IP server .

Nah untuk mempermudahnya maka dibuatlah menjadi sebuah deretan abjad/ nama yang unik dalam website, dan nama itu tidak akan ada yang sama menurut saya.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kalian tentang domain, bila kurang paham silahkan anda cari artikel lain yang membahas tentang domain sebagai pembelajaran anda dalam bidang IT.

Read Users' Comments (1)komentar

1 Response to "Pengertian Domain"

  1. Unknown says:
    8 November 2013 pukul 14.56

    berarti klo kita membeli domain harus membeli hostingnya jg ya,,,

Posting Komentar